0

New Ford Fiesta EcoBoost 1.0 M/T : Lebih Responsif

Posted: 26 May 2014 Viewed 2,364 times
BosMobil - New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter yang baru saja resmi diluncurkan PT Ford Motor Indonesia (FMI) memang banyak mengundang banyak rasa penasaran, pun demikian dengan kami yang tak habis-habisnya selalu ingin tahu kelemahan serta kelebihan dari New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter.
New-Ford-Fiesta-EcoBoost-1.0
Begitu pun dengan New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter yang kami uji kali ini. Jika beberapa waktu lalu kami diberi kesempatan mencicipi veris tranmsisi otomatisnya, maka yang kami tes drive kali ini merupakan New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter bertransmisi manual. Secara fisik, baik dari luar maupun dari dalam nyaris tidak ada perbedaan dari dua New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter yang kami review ini. Pembedaannya cuma ada di tuas transmisi, yang satu otomatis, yang satu lagi manual. Namun tentunya ada sensasi berbeda dari New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter bertransmisi manual ini.

New-Ford-Fiesta-EcoBoost-1.0Mesin yang diusungnya tetap sama yakni 998 cc 3 silinder EcoBoost berdaya 123 hp dengan torsi 170 Nm yang sudah diraih sejak rpm 1.400-4.500. Tapi seperti yang sudah dijelaskan tadi, unit yang kami coba kali ini bukan berbekal transmisi PowerShift 6 percepatan melainkan manual 5-speed.
Tombol 'star n stop' di sisi kiri pengemudi masih menjadi akses untuk menyalakan dan mematikan mesin. Jika ingin menyalakan, maka terlebih dulu injak pedal kopling, lalu tekan tombol berbentuk lingkaran tersebut. Dalam sekejap mesin New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter pun mulai menyala mulus tanpa adanya suara berlebih maupun getaran ke ruang kabin.
New-Ford-Fiesta-EcoBoost-1.0
Masuk ke posisi gigi 1, mobil mulai berjalan smooth, namun kami merasakan mesin seperti hendak kehilangan tenaga jika kopling dilepas separuh namun putaran mesin belum lebih dari 2.000 rpm. Gejala ini hilang jika pedal gas diinjak lebih dalam, dan efeknya mobil langsung melaju memperlihatkan bagaimana teknologi EcoBoost bekerja sempurna.
Pada versi transmisi manual ini Ford juga menyertakan New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter dengan gear shift indicator pada instrument panel. Indikator ini akan muncul setelah putaran mesin lebih dari 3.500 rpm untuk memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menaikkan posisi gigi dengan lambang panah ke atas.
New-Ford-Fiesta-EcoBoost-1.0
Jika pada versi transmisi otomatis Anda harus menekan pedal gas lebih dalam, maka pada transmisi manual ini, pengaturan posisi gigi bisa disesuaikan dengan kebutuhan akselerasi Anda. Kami merasakannya jauh lebih responsif ketimbang versi matik. Bermanuver dikeramaian jalan utama Jakarta juga tak perlu lagi dipertanyakan. Sajian handling yang diberikan Ford pada New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter masih sama dengan versi transmisi otomatisnya pun serupa dengan Fiesta terdahulu. Sigap, tapi tetap ringan kala dikendarai santai.
New-Ford-Fiesta-EcoBoost-1.0

Dengan banderol Rp 240,4 juta on the road Jakarta atau terpaut Rp 10 juta dengan versi transmisi otomatisnya Anda akan merasakan sensasi yang sama baiknya dari New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter. Pilih mana?

0 komentar:

Posting Komentar