0

Daihatsu Bocorkan Tiga Rahasia Teknologinya

Posted: 22 September 2012 Viewed 3,660 times
IIMS 2012, BosMobil.com - Bukan hanya sekadar memamerkan line up produk-produknya diajang IIMS 2012, Daihatsu juga turut mengenalkan jajaran teknologi masa depannya yang tengah dikembangkan dalam tiga tahap.

Pengembangan teknologi ini dihadirkan Daihatsu demi menghadirkan sebuah produk yang berkualitas di masa depan.


Tahap pertama merupakan teknologi "Eco-Idle" yang berfungsi sebagai kontrol hidup dan mati mesin secara otomati untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efesien.


"Kerjanya mirip dengan kendaraan hybrid, dalam keadaan macet di posisi idle, mesin secara otomatis akan mati. Begitu menginjak rem dan pindahkan gigi secara otomatis mesin hidup kembali. Tapi Daihatsu mengembangkanya dalam mesin full bensin tidak mesin hybrid," ungkap Satrio Budiutomo, RnD division PT. ADM.

Untuk tahap ke-2, mesin 3 silinder digantikan dengan mesin 2-sinder lengkap dengan turbocharged. Satrio mengatakan bahwa pada dasarnya mesin 3 silinder memiliki piston yang kecil, sehingga kompresinya kurang, sedangkan dengan 2 silinder dengan piston yang berdimensi lebih besar akan memiliki tenaga yang lebih juga.

"Logikanya  lebih baik mendorong mobil dengan 2 orang dewasa ketimbang 3 orang anak-anak," ungkapnya. Penggunaan mesin 2 silinder ini rupanya juga telah didukung dengan "active ignition system" yang membuat mobil bisa mencapai tingkat efesiensi hingga 30%.

Pengembangan terakhir adalah, Precius Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Dengan pengembangan ini kendaraan Daihatsu memiliki tingkat ramah lingkungan yang amat tinggi dengan kadar CO2 O%.

Pengembangan ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yang bernama Hidrazin Hidrat dengan kemampuan kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2.

0 komentar:

Posting Komentar