0

PR Dalam Memilih Mobil Bekas Diesel

Posted: 16 November 2012 Viewed 5,575 times
Jakarta, BosMobil.com - Kocek terbatas, namun butuh kendaraan roda empat? Hmmm, mobil bekas tentu menjadi pilihan yang menarik. Dan karena harga bensin terus naik turun, tidak ada salahnya anda untuk melirik mobil bekas bermesin diesel. Lantas, PR apa saja sih yang wajib dikerjakan sebelum membeli mobil bekas diesel?
Mobil Bekas Diesel
Yang pertama harus dilakukan adalah filter solar yang wajib diperhatikan. Kebanyakan pengguna mobil bekas, bila mobilnya sudah berusia lanjut, malas untuk memilih solar non subsidi. Akibatnya filter solar menjadi cepat kotor. Bila si pemilik sebelumnya rajin mengganti filter solar, maka kemungkinan mesin bermasalah semakin kecil. Ini menjadi nilai plus yang harus diperhatiakan.
Mobil Bekas Diesel
PR kedua adalah cek mesin. Eit, cek mesin disini tidak hanya melihat apakah mesinnya masih utuh ya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Coba cek lubang pengisian oli dan tekan gas mobil. Bila mengeluarkan asap, bererti kompresinya kurang yahud. Selain itu coba cek juga asap knalpot yang dikeluarkan. Bila asapnya sedikit hitam dan stasioner tidak berasap, maka mobil ini cukup sehat.
Mobil Bekas Diesel
Nah, bila 2 point tersebut telah oke, coba jajal mobil yang Anda incar dan perhatikan kaki-kaki mobil khususnya kaki-kaki bagian depan. Kenapa kaki-kaki? Karena mobil diesel memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin. Coba arahkan mobil ke jalan yang tidak rata, perhatikan guncangannya. Jika masih enak dan tidak berbunyi, tidak ada salahnya untuk mengerjakan PR selanjutnya.
Mobil Bekas Diesel
PR keempat adalah cek kampas rem. Memang ini adalah hal yang umum dilakukan untuk mengecek mobil bekas. Namun khusus untuk mobil diesel, ini wajib anda perhatikan. Bobot mobil yang lebih berat mengharuskan kampas rem bekerja ekstra. Dengan bekerja ekstra ini, maka kampas rem pun cepat habis.
Mobil Bekas Diesel
Bila sudah semua, maka pemeriksaan tinggal dilakukan secara normal layaknya memeriksa mobil bekas pada umumnya. Perhatikan body dan warna. Kalau warna hitam dan silver, harga biasanya sedikit lebih tinggi. Jadi perhatikan juga harga jualnya. Untuk harga, Anda bisa cek langsung pada listing-an mobil bekas kami. Selamat mencari!!

0 komentar:

Posting Komentar