0

Honda Jazz : Napak Tilas si Fenomenal Hatchback

Posted: 31 January 2013 Viewed 4,625 times
BosMobil.com - Muncul perdana di dunia pada 21 Juni 2001 silam, kini kebesaran nama Honda Jazz sudah cukup mendunia. Beragam model dan tipe telah banyak dikembangkan oleh Honda sebagai pembuktian eksistensinya, mulai dari Honda Jazz versi hybrid sampai dengan mesin listriknya yang dikenal dengan nama EV. Tak sampai disitu saja, kesuksesan desainnya juga berujung pada pemanfaatan platform yang dipakai untuk mengembangkan tipe kendaraan Honda lainya seperti, Honda City, Honda Freed, Honda Fit Shuttle, Honda Fit Twist dan juga Honda Airwave.
Honda Jazz
Honda Jazz yang menjadi Hatchback Global Car untuk pasar Asia, Eropa dan Amerika ini mulai memasuki pasar Indonesia pada 19 Februari 2004 melalui generasi pertamanya yang disokong oleh mesin bensin berkapasitas 1.5 i-DSI.
Selang setahun kemudian, di 23 Juni 2005 pembaruan terjadi pada sektor mesinnya yang menyokong teknologi VTEC engine hasil rakitan Karawang Plant. Mulai dari sinilah perkembangan Honda Jazz makin mewabah di tiap tahunnya, hingga lahirlah generasi ke-2 yang masuk ke Indonesia pada 27 Juni 2008, setahun setelah World Premiere of Honda Jazz - 2nd Generation dalam ajang Tokyo Motor Show pada 18 October 2007.
Honda Jazz
Hingga saat ini, nama Honda Jazz seakan menjadi icon di sebagian besar benak masyarakat Indonesia. Meski persentasenya lebih digemari oleh kalangan muda-mudi, namun tak menutup untuk Honda Jazz menjadi pilihan seluruh segment konsumennya. Hal ini pun telah dibuktikan dengan ragam prestasi yang diantaranya melalui 67 penghargaan Nasional dan 270 penghargaan Internasional yang telah sukses dikantongi oleh mobil hatchback modis ini.
Kehadirannya di Tanah Air juga mampu mendongkrak beragam event di dunia otomotif lainnya seperti dalam kejuaraan balap Nasional dan dunia modifikasi. Di dunia balap, nama Honda Jazz melambung dengan adanya kejuaran One Make Race dan Honda Jazz Speed Challenge yang digelar sejak 2006 hingga saat ini. Ajang ini juga turut merangkul beragam pembalap baik di kelas senior dan junior yang juga sukses menetaskan para pembalap baru berbakat di usia muda. Sedangkan dalam dunia modifikasi, Honda Jazz seakan menjadi kiblat di semua aliran modifikasi, lebih lagi Honda juga memanjakan para pengguna Jazz untuk turut berkarya dalam ajang Honda Jazz Tuning Contest yang menjadi agenda rutin tahunan Honda Prospect Motor.
Honda Jazz
Itu baru dalam dunia otomotif saja, karena rupanya nama Honda Jazz juga turut mempengaruhi dunia lifestyle khususnya dalam bidang yang bersangkutan dengan pergaulan anak muda. Tak salah bila Honda lantas menggandeng para pemuda-pemudi berbakat dalam acara Honda Jazz Stars Search yang telah dilaksanakan sebanyak 3 kali sejak 2007 silam dan telah sukses merangkul peserta hingga 12.190 orang dari berbagai wilayah di Indonesia.
Honda Jazz
Di tahun 2013, jejak perjalanan Honda Jazz telah memasuki usia yang ke-9 di Indonesia, dan sebagai bentuk apresiasinya akan disambut dengan prestasi total penjualannya yang menyentuh angka 200.000 unit. Tentu saja ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan untuk Honda Indonesia. Tapi bukan hanya itu saja, guna mendongkarak angka penjualan tersebut, Honda Prospect Motor juga mengeluarkan lini terbaru dari Jazz. New Honda Jazz yang datang dengan tipe baru sebagai varian bawahnya, dan juga dua warna baru.
Honda Jazz
"Kesimpulanya adalah, secara tidak langsung, Honda Jazz seakan menjadi barometer atau trigger pasar kendaran city car hatchback di Indonesia. Meski baru berusia 9 tahun, namun trend pasarnya tak pernah surut. Ubahan yang dilakukan tiap tahunya terbukti mampu menghadirkan nuansa berbeda dari si fenomenal hatchback ini."

0 komentar:

Posting Komentar