0

Lebih Intim Dengan New Honda Brio 1.2L A/T

Posted: 13 September 2013 Viewed 4,508 times

BosMobil - Setelah resmi meluncur, giliran PT Honda Prospect Motor mengajak beberapa rekan media untuk merasakan sensasi berkendara dibalik New Honda Brio 1.2 A/T, tapi tidak untuk yang varian mobil murah ramah lingkungannya, Brio Satya.
Pengujian hanya mengambil lokasi di Parkir Timur Senayan berupa 'Sliding 90 Degrees U-Turn Challange' yang mana menantang awak media untuk memarkirkan New Brio 1.2 A/T dengan cepat melalui tehnik sliding dan berhenti tepat di dalam kotak parkir yang disediakan. Meski hanya mendapatkan ruang minim untuk menguji dan tak bisa jauh mengeksplor kelebihan lainnya, tapi tantangan ini dirasa cukup untuk mewakili sisi kemampuan dari performa, akselerasi, handling serta sistem pengereman dari New Honda Brio 1.2L yang diklaim Honda memiliki tenaga terbesar di kelasnya yaitu 88 PS melalui mesin i-VTEC SOHC 1.2L 4 silindernya.
New Brio 1.2L A/T yang menjadi keluarga baru city car Honda dibandrol dengan harga Rp 136 juta untuk tipe E dan Rp 131 juta untuk tipe S, ke duanya datang bukan hanya dengan tampang yang sama dengan Brio 1.3 lawas, tapi juga fitur yang mirip. Mulai dari perangkat keselamatan terlengkap dengan ABS+EBD, sampai teknologi kenyamanan untuk menciptakan efek fun to drive layaknya tilt steering, electring power steering, shift hold control, grade logic control hingga sistem drive by wire.

Waktunya melihat bagaimana aksi New Brio 1.2L A/T ketika melakukan Sliding 90 Degrees U-Turn. Begitu meginjak gas di garis start mesi 1.2-nya cukup responsif dalam mengantarkan tenaga ke kaki-kaki hingga membuat si mungil ini melesat dengan agresif, bahkan dengan transmisi otomatis sekalipun. Memakan trek kurang lebih hanya 100 meter, New Brio langsung diajak bermanuver tajam untuk memenuhi tantangan yang diberikan.

Bantingan stier yang enteng berkat electring power steering yang didukung oleh suspensi handal dari MacPherson Strut serta H-Shape Torsion Beam ternyata cukup berperan dalam aksi kali ini. Tak lupa Brio juga memiliki kelebihan tersendiri sebagai city car dengan kemampuan radius putar alias turning radius yang hanya 4,5 m hingga membuatnya mampu berputar dengan baik diruang yang minim.

Tenaga di putaran bawah, Brio terbukti responsif, begitu juga dengan handlingnya yang lincah ketika diajak sliding memasuki kota parkir. Sedangkan untuk kemampuan pengereman, perangkat ABS+EBD juga tak kalah mantap hingga bisa menjaga Brio untuk tetap terkontrol sekalipun dipaksa langsung 'braking' secara mendadak di putaran tinggi.

Mirisnya kami tak bisa mendalam untuk merasakan putaran atas serta tingkat efesiensi dari New Brio 1.2L A/T ini.

0 komentar:

Posting Komentar