0

Ramuan Khusus Suzuki Swift Sport

Posted: 1 October 2013 Viewed 9,442 times
BosMobil - New Swift Sport merupakan line up teratas dari Suzuki Swift, dihadirkan untuk memenuhi adrenalin para pecinta kecepata pada ajang IIMS 2013 lalu. Sosoknya sendiri tak berbuang jauh dari desain Swift yang ada, tapi bicara soal detail, strata dan performa tentu berbeda jauh.

Swift Sport yang berstatuskan kendaraan CBU datang dengan tampilan yang benar-benar fresh penuh dengan aparel yang mendongkrak sisi agresifnya. Bentuk ‘ground-hugging’ menyiratkan kestabilan dan tekanan sedangkan Gril depan yang besar mengambarkan performa tinggi yang dilengkapi dengan bezel lampu kabut bersirip untuk karakter sportynya.

Belum lagi dengan tambahan aksesoris aerodinamis yang khusus didesain untuk Swift Sport, mengontrol aliran udara, menekan gaya dari bawah, dan memberikan pusat gravitasi visual yang rendah bagi mobil hingga menciptakan efek aerodinamis yang cukup tinggi. Headlamp terbaru dengan intensitas cahaya yang tinggi dengan lapisan abu-abu metalik disertai lampu kombinasi terbaru mampu meningkatkan sisi dinamis dari tampilannya.
Yang tak kalah menarik, Swif Sport terbukti dirancang secara khsusus melalui tapak ban yang lebar dan jarak sumbu roda yang pendek sehingga ketika digabungkan dengan sistem chassis, termasuk suspensi belakang yang didesain khusus untuk merasakan pengendalian yang lincah dan stabilitas membuatnya handal dalam kecepatan tinggi. Hal ini jelas membedakan antara varian Swif biasa dengan Swift Sport.
Giliran masuk ke interior, lagi-lagi kekentalan sportynya makin ditunjukan dengan tampilan jok yang dirajut khusus dengan emblem kebesaranya. Selain itu tampilan speedometer dengan 5 indikator juga memberikan kemudahan fungsi dengan tampilan yang rapi namun informatif disambung lapisan kulit berbahan lembut di bagian setir sehingga tangan pengendara lebih nyaman untuk mengenggamnya.

Sebenarnya banyak perbedaan antara Swift Sport dan All New Swift seperti yang diutarakan oleh Davy J. Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan, PT Suzuki Indomobil Sales. "Ada 36 perbedaan antara Swift Sport dan Swift biasa, cuma memang tak terlihat secara kasat mata".
Bicara soal performa, Swift Sport mengusung mesin M16A dengan kapasitas 1.600 cc yang memiliki variable intake system, mengoptimalisasi dari VVT intake, dan meningkatkan bukaan katup, maximum output mulai dari 100 kW (136 PS) dan maximum torque sebesar 160Nm. Tenaga tersebut dapat disalurkan melalu transmisi manual 6 percepatan yang dikembangkan secara khusus untuk memaksimalkan performa mesin M16A atupun CVT gearbox tambahan jangkauan bawah dan atas yang memberikan rasio gigi yang lebih lebar, sehingga memberikan akselerasi yang lebih baik.
Meski belum diberikan kesempatan secara langsung oleh pihak Suzuki, namun Suzuki mengklaim bahwa Swift Sport memiliki handling yang cukup sempurna melalui peningkatkan performa chassis hingga mencapai keseimbangan yang sesuai diantara kendali dan stabilitas. Selain itu torsion beam dengan tingkat rigid yang lebih mantap pada toe dan chamber serta bearing yang besar pada ban belakang juga membuatnya kian kokoh serta memberikan stabilitas pada bagian belakang pada saat kecepatan tinggi.

Yang membuatnya special, Swift Sport dihadirkan hanya dalam dua varian warna Champion Yellow dan Snow White Pearl sedangkan harganya dipatok mulai dari Rp 299 juta untuk versi manual 6 percepatan dan Rp 314 juta untuk CVT-nya.

0 komentar:

Posting Komentar