0

Tips Singkat Dari Rifat Hadapi Mobil Yang Mogok Karena Banjir

Posted: 30 January 2014 Viewed 1,796 times
Jakarta, BosMobil.com - Intensitas hujan yang semakin meningkat menjadikan jalanan di berbagai lokasi di Indonesia beberapa hari ini mengalami kebanjiran. Walau begitu, tidak sedikit warga yang tetap memaksakan kendaraan mereka untuk melintasi banjir. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang terpaksa merelakan kendaraannya mengalami mogok. Kalau sudah begitu, lantas bagaimana langkah yang harus dilakukan?
Banjir Jakarta
Rifat Sungkar, pemerhati otomotif indonesia pun memberikan sedikit tips untuk mengatasi mobil mogok akibat banjir, agar tidak semakin parah. Menurut dia, sedikitnya ada 3 poin utama yang harus diperhatikan.
1. Periksa filter kendaraan udara. Filter udara ini memiliki fungsi sebagai penyaring dan pembuang debu dari udara yang akan masuk ke mesin. Bila filter dalam kondisi kering maka akan berfungsi dengan baik, namun bila kondisi basah maka akan berfungsi sebaliknya. Kondisi ini dapat menyebabkan mobil mogok atau setidaknya mesin tidak berfungsi maksimal.
2. Periksa kabel busi kendaraan. Meski kebanyakan kendaraan sekarang telah dilengkapi dengan kabel busi yang anti air, namun tidak menutup kemungkinan air dapat masuk melalui sela-sela kabel. Apabila ternyata kabel busi basah, hal pertama yang dapat dilakukan adalah ditiup hingga kering sehingga kendaraan dapat menyala kembali.
3. Apabila banjir yang dilewati cukup tinggi, maka ada kemungkinan ECU (Electronic Control Unit) kendaraan terendam air. Dalam keadaan seperti ini, sebaiknya jangan mencoba untuk menghidupkan kembali kendaraan Anda, karena besar kemungkinan akan menyebabkan korsleting di sistem kelistrikan. Kendaraan sekarang, biasanya sistem kelistrikannya sudah terintegrated, sehingga akibat satu kerusakan, bisa menyebabkan kerusakan komponen yang lain. Dalam kasus seperti ini, sebaiknya kendaraan diusahakan langsung dibawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Rifat Sungkar mengatakan bahwa untuk menghadapi kendaraan yang mogok, pengendara tidak boleh panik. ”Pengendara harus tetap tenang, sehingga bisa melihat permasalahan kendaraan dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang tepat,” ucap pria yang baru dikaruniai seorang putra bernama El Mayka Rifat Sungkar pada 25 Januari 2014 kemarin.
Tak hanya itu, ia pun mengingatkan agar bahan bakar kendaraan dalam kondisi yang cukup. “Biasanya kalau sudah hujan, ada genangan air dan banjir, maka jalanan akan macet. Kalau bensin kita sedikit, maka kita juga akan was-was takut bensin habis pada saat terjebak kemacetan. Maka sebaiknya, kalau Anda bepergian pada saat hujan, sebaiknya bensin Anda harus ada lebih dari setengah. Anda pasti tidak berniat untuk mendorong kendaraan di saat banjir karena kehabisan bensin kan?” pungkas Rifat

0 komentar:

Posting Komentar