0

First Impression Volkswagen Tiguan : Perpaduan Elegant Dan Sporty

Posted: 28 February 2013 Viewed 4,741 times
Jakarta, BosMobil.com - PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Volkswagen di Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Volkswagen Tiguan. Bertempat di Ancol-Jakarta dengan menggelar Volkswagen Tiguan’s Day, dimana gelaran ini awak media dan beberapa undangan diberi kesempatan menjajal mobil SUV ini yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2012.
Volkswagen Tiguan
Pada bagian eksterior, Volkswagen Tiguan hadir dengan penampilan elegant dan sporty. Lapisan krom di grill, roof rails dan di sekeliling jendela samping memberikan kesan mewah Volkswagen Tiguan. Sayang, meski headlampnya memiliki desain yang apik, namun sepintas desainnya mirip dengan mobil SUV lain.
Volkswagen Tiguan
Melongok ke interior, Volkswagen Tiguan hadir cukup sederhana. Jok hitam yang disematkan pada mobil tampil tanpa sesuatu yang berkesan. Tapi bila diperhatikan, ternyata pada jok belakang dilengkapi dengan meja dan cup holder. Penampilan mewah juga hadir pada dashboard, desainnya tampil menawan.
Volkswagen Tiguan
Volkswagen Tiguan
Volkswagen Tiguan dilengkapi dengan mesin 1.400cc TSI dengan transmisi 6-speed DSG (Direct Shift Gearbox) with dual clutch yang bertenaga 150 HP dan torsi 240 Nm. “Tapi semua itu harus dirasakan langsung. Makanya kami undang media untuk mencoba mobil ini secara langsung,” ungkap Jonas Chendana, National Sales Manager PT. Garuda Mataram Motor.
Volkswagen Tiguan
Pertama kami mencoba duduk di belakang, jok cukup empuk dengan legroom yang cukup lega. Uniknya, untuk memundurkan sandaran, penumpang harus menggunakan tali, bukan tuas seperti pada umumnya. “Kalau pakai tali, spacenya jadi lebih luas dibanding dengan menggunakan tuas,” jelas Eko Yulianto, Trainning Manager PT. Garuda Mataram Motor. Saat mobil melaju di lintasan normal, penumpang di belakang terasa nyaman. Namun saat di lintasan offroad, bantingan cukup terasa keras.
Volkswagen Tiguan
Puas duduk di belakang, kini giliran kami mencoba duduk di balik kemudi. Pedal gas langsung ditekan dalam-dalam dan ‘wuss’... Volkswagen Tiguan berakselerasi kencang. Stir terasa ringan namun masih dalam batas kewajaran. Masuk ke lintasan menanjak, kami pun mencoba fitur ‘Heel Assist’, dimana cukup menekan pedal rem dalam-dalam, kemudian dilepas maka mobil tidak akan meluncur turun. Untuk maju lagi, cukup menekan pedal gas lagi agak dalam, dan system pengereman akan lepas.
Volkswagen Tiguan
Volkswagen Tiguan
Kini saatnya untuk menjajal ke lintasan offroad, jalan berbatu bisa dilalui dengan mudah. Namun saat medan jalan bergelombang dan tikungan tajam, ekor mobil terasa agak terbuang. Sementara itu, bantingan pada sisi belakang pun terasa lebih keras dibandingkan dengan sisi depan meski secara umum masih wajar. “Saya sih yakin Volkswagen Tiguan, ground clearence cukup tinggi, suspensinya juga masih oke,” tutup instruktur yang mendampingi kami.
Volkswagen Tiguan
Berminat dengan Volkswagen Tiguan?

0 komentar:

Posting Komentar