0

Sejarah Singkat Lahirnya Toyota Avanza di Indonesia

Posted: 17 May 2013 Viewed 5,063 times
Jakarta, BosMobil.com - Cikal bakal kelahiran Toyota Avanza ternyata berasal dari niatan Toyota Astra Motor untuk menghadirkan mobil yang mampu menjawab keinginan masyarakat yang menyukai Toyota Kijang, namun dengan harga yang lebih murah. Berangkat dari sana, diciptakanlah Toyota Avanza yang memiliki cita rasa Kijang namun harga yang bukan Kijang.
Toyota Avanza
Hal ini disampaikan oleh Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor disela-sela peluncuran Toyota Avanza dengan dual airbags. “Pada saat itu, banyak masyarakat yang menginginkan Kijang, namun Kijang ternyata harganya sudah terlampau tinggi,” ungkapnya Johnny.
Ia pun akhirnya meminta principal di Jepang agar dibuatkan sebuah mobil dengan cita rasa Kijang namun dengan harga yang lebih terjangkau. “Kami kan tidak bisa membuat mobil sendiri. Karena itu kami meminta principal untuk membangun sebuah mobil namun cita rasanya masih tetap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Maka lahirlah Toyota Avanza pada tahun 2004 dan berhasil menjadi tulang punggung penjualan Toyota hanya dalam waktu singkat. “Untuk penamaannya sendiri, kami berusaha untuk mengunakan nama dari Indonesia. Beberapa nama hewan asal Indonesia sudah dicoba tapi tidak ada yang cocok, akhirnya kami memilih nama Avanza yang berasal dari kata Avanzato yang artinya maju dalam bahasa Italia,” ungkapnya.
Penggunaan nama ini pun berhasil membawa Toyota Avanza ke kancah internasional. “Nama ini cukup mudah untuk dikenal di dunia internasional. Sehingga ini cukup membuat Toyota Avanza dikenal di beberapa negara selain Indonesia,” pungkas Johnny.

0 komentar:

Posting Komentar