0

Tips Merawat Dan Mencuci Velg Kesayangan Anda

Posted: 7 May 2013 Viewed 5,664 times
BosMobil.com - Velg mobil bukan barang murah, terlebih velg tersebut original dengan diameter besar dan lebar. Maka dari itu sangat sayang sekali bila velg tersebut terlihat kusam akibat banyaknya kotoran yang mengendap. Untuk velg tertentu seperti model mesh atau jari-jari agak sulit membersihkannya, karena banyak-nya celah kecil.
Tips Cuci Velg
Biar velg kesayangan Anda tetap tampil menawan, langkah-langkah berikut ini bisa menjadi referensi Anda pada saat membersihkan velg :
1. Hindari menyiram air ke velg ketika suhu masih panas atau mobil baru usai dipakai. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya, tunggu sampai dingin dahulu.
Tips Cuci Velg
2. Hal ini sering luput dari perhatian. Sebelum mencuci velg, anda harus memastikan ruang spakbor sudah bersih, agar kotoran yang menempel tak jatuh dan kembali mengotori velg.
3. Lanjut ke permasalahan utama, yaitu bersih-bersih velg. Ingat!! Gunakan cairan khusus untuk mebersihkannya. Cairan tersebut bisa didapat di toko-toko variasi mobil. Untuk yang berlapis krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari resiko lapisan mengelupas. Perlu diingat juga, hindari penggunaan sabun colek dalam membersihkan, karena dapat merusak kontur permukaan velg.
Tips Cuci Velg
4. Untuk membersihkan sudut velg yang susah dijangkau, gunakan benda pembersih yang kecil seperti kuas dan sikat gigi. Jangan dipaksa jika terdapat noda membandel, basahkan terlebih dahulu sampai kotoran tersebut lunak, lalu dibersihkan.
5. Ini yang sering dijumpai dan kerap kali mejengkelkan, yaitu noda aspal. Kadang sampo saja tak mempan untuk membersihkan noda ini. Jangan dikerok, tapi caranya gunakan bensin atau minyak tanah. Setalah bersih, bilas dengan sampo agar sisa bensin atau minyak tanah tak tertinggal lama.
Tips Cuci Velg
6. Setelah dirasa sudah benar-benar bersih, keringkan velg dengan lap kanebo atau lap microfiber dengan tekstur yang agak halus. Pastikan kering dengan sempurna, karena titik-titik air bila lama dibiarkan akan menimbulkan jamur.
7. Bagi pengguna velg berlapis krom dan ingin tampil lebih kinclong, di pasaran tersedia bedak tabur dan wax khusus untuk velg ini.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar