0

Yuk Periksa Mobil Selepas Libur Panjang

Posted: 16 August 2013 Viewed 2,780 times
BosMobil.com - Setelah berpergian jauh dengan mobil selama liburan kemarin, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kendaraan anda yang anda gunakan. Untuk itu, kami pun menghampiri bengkel resmi Mitsubishi di dealer Mitsubishi Pondok Indah untuk mengetahui apa saja yang harus diperiksa setelah selesai berkendara jauh.

“Yang pertama harus di cek adalah kaki-kaki” ungkap Dede Samsudin, Service Head bengkel Mitsubishi Pondok Indah. Ia mengatakan kaki-kaki merupakan hal yang paling rawan terjadi kerusakan “Karena kita kan tidak tahu kondisi jalannya bagaimana. Bisa saja mobil tersebut melalui lubang yang mengakibatkan kaki-kaki tidak berfungsi maksimal” jelasnya.
Tak hanya itu, kondisi ban juga turut menjadi perhatian utama “Ban bisa kita cek balancenya dan spooring lagi. Sebab kalau menghantam lubang, kerusakan disini paling umum terjadi. Tapi kebetulan untuk tahun ini, keluhannya tidak terlalu banyak. Katanya sih jalannya cukup bagus dibanding tahun lalu” tambahnya.

Selain kaki-kaki, ia juga mengingatkan untuk memeriksa kondisi mesin “Untuk perjalanan jauh, mesin kan biasanya dipaksa terus menyala sampai tiba ditempat tujuan. Sementaar oli pasti memiliki batas kemampuannya atau bahkan kualitasnya dapat menurun. Untuk itu harus diperiksa kembali oli khsusnya oli mesin” tuturnya.
Kondisi selang pun ia katakan harus diperiksa kembali “Kita harus lihat apakah ada selang selang yang ngerembes. Biasanya ini hanya terjadi untuk mobil mobil yang sudah agak tua saja. Kalau mobilnya masih baru, saya rasa masih belum akan terjadi rembesan apapun” tambahnya.
Sementara itu, khusus untuk mobil bermesin diesel, filter bensin menjadi perhatian yang tidak boleh terlewatkan “Biasanya kalau didaerah, konsumen menggunakan solar. Nah ini bisa membuat filter bensinnya kotor. Untuk itu harus kita periksa. Untuk mobil berbahan bakar bensin juga dilakukan, namun biasanya untuk yang berbahan bakar diesel lebih diuatamakan” pungkasnya.

Cukup sedrerhana bukan? Jadi jangan ragu-ragu untuk memeriksa kendaraan anda sesegera mungkin ya. Jangan sampai lupa.

0 komentar:

Posting Komentar